Sunday, 14 October 2012

Tagged under:

Nasehat Sejuk (2)

Allah katakan “Jaga dirimu & keluargamu dari api neraka!” (QS. At-Tahrim: 6)

Selalu ada pesan yang mengoyak batin di tiap bening nasihat. Kali ini saya ingin meresapi potongan risalah Mas @salimafillah mengenai "Keluarga; Titipan, Ujian, dan Kesenangan" Menjadi seorang imam, kiranya mencermati beberapa kalimat berikut.   

Anak dan isteri adalah kesenangan hidup di dunia. Maka tugas kita mengupayakan; agar kelak berkumpul bahagia lagi di surga.


Mereka adalah titipan; maka kita harus jaga agar kelak saat dikembalikan pada Allah, semua sesuai awalnya: fithrah


Merekapun fitnah & ujian. Dalam membersamai & menyenangkan mereka, bergulatlah hasrat dengan keterbatasan; lalu teruji ketaatan.
Maka, seorang imam yang baik, sejatinya dapat menyikapi 3 hal ini dengan sifat: penyuap, pembimbing, penangis, pengecup, dan teladan


Berbahagialah suami & ayah, yang memastikan tiap suapan ke mulut isteri-anak & tiap yang dikenakan, halal-thayyib tak meragukan. 


Bahagialah suami & ayah; membimbing isteri & anak mengulang hafalan, tadabburi Quran, mengisah penuh cinta sirah Nabi & sahabat. 


Berbahagialah suami & ayah; yang khusyu’ menangis mendoakan keselamatan, keberkahan, serta kebaikan anak-isteri & keturunannya. 


Berbahagialah suami & ayah; mengecupkan doa perlindungan & cinta saat isteri-anaknya lelap tidur, atau saat berpamit bepergian. 


Berbahagialah suami & ayah; menjadi kebanggaan anak-isteri, tapi tak menumpulkan pengembangan diri mereka dalam hidup berbakti.




#jika memang dirimulah, imamnya. 

2 komentar:

  1. Saya Baru mampir di blog Anda melalui Google dan saya menemukan artikel yang informatif dan menarik, Sungguh itu sebuah blog yang fantastis.

    oh ya .. Saya memiliki blog serupa seperti Anda tentang http://fansyusufmansur.blogspot.com , saya harap artikel di blog saya akan berguna bagi Anda dan kita bisa berbagi satu sama lain. terima kasih ... :-)

    ReplyDelete
  2. Terima kasih untuk pembahasan artikel mengenai nasehat sejuk yang positif untuk dibaca bagi siapa saja.

    ReplyDelete